Pariwisata Lombok Pasca Gempa Bumi

Lombok adalah salah satu pulau yang penuh dengan jutaan keindahan yang ada di bumi ini. Pulau-pulau kecil (Gili), Pantai, Gunung, Bukit, Air Terjun, dan Keanekaragaman Budaya bisa wisatawan dapatkan ketika datang ke Lombok untuk berwisata. Banyak prestasi tingkat dunia (dalam bidang pariwisata) yang didapatkan oleh pulau ini, misalnya tahun 2015, Lombok mendapatkan 2 gelar tingkat dunia dibidang pariwisata yaitu The Best Halal Tourism & The Best Honeymoon Destinastion yang membuat semakin banyak wisatawan yang datang berwisata ke Lombok.

Tahun demi tahunpun berjalan dan pariwisata Lombok semakin berkembang baik dari segi pelayanan, akses dan juga semakin banyak destinasi-destinasi baru yang bermunculan seperti destinasi Desa Wisata dan Wisata Buatan seperti Desa Wisata Bilebante dan Destinasi Wisata Tiu Pituq, Gangga serta yang terakhir dimulai adalah pembangunan besar Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, NTB.
Namun, beberapa waktu yang lalu tepatnya 29 Juli dan 5,9 Agustus Lombok mengalami Gempa Bumi yang sangat besar dengan masing-masing kekuatan 6,4 S, 7,0 S dan 6,2 S yang membuat Lombok hancur di beberapa bagian, khususnya di bagian Lombok Utara dan Lombok Timur.
Bagaimana Keadaan Pariwisata Lombok Setelah Gempa Bumi Tersebut?

Berikut Press Release 12 Agustus 2018 dari Gubernur Nusa Tenggara Barat.



Sesauai pernyataan diatas, Lombok dinyatakan aman untuk dikunjungi dan Masyarakat Lombok umumnya sangat mengharapkan kehadiran wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, karena selain untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat, kedatangan dari wisatawan juga diharapakan mampu menghadirkan semangat bagi masyarakat lombok yang terkena dampak Gempa Bumi untuk bangkit kembali dari keterpurukan yang sudah dialami (Trauma Healing).

Dimana Saja Destinasi Yang Bisa Dikunjungi Oleh Wisatawan ?

Selain Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Gili-gili di Sekotong yang masih aman untuk dikunjungi, ada juga beberapa destinasi seperti Pantai Pink, Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Benang Setokel, Taman Narmada dan beberapa Desa Wisata seperti Desa Sasak Sade, Desa Sasak ENDE, Desa Sukrara serta beberapa destinasi yang ada di kawasan Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kota Mataram yang bisa wisatawan kunjungi jika berlibur ke Lombok.

Jadi, melalui tulisan singkat ini, penulis ingin menyurakan #lombokamandikunjungi dan mengharapkan Pariwista Lombok cepat kembali seperti semula dengan kedatangan dari wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara agar #lombokbisabangkit dari keterpurukan setelah Gempa Bumi.